Mandiri, BCA, BRI & BNI Biayai Proyek Kereta Api Rp3,04 T: Bisnis

Bareksa • 11 Nov 2014

an image
Kementerian Perhubungan akan menambah rangkaian kereta api untuk menghadapi lonjakan permintaan pada angkutan lebaran (Dephub)

Empat bank tersebut akan membiayai infrastruktur kereta api

Bareksa.com - Empat bank besar yang masuk kategori bank umum kelompok usaha IV, yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) saling bekerja sama membiayai proyek pengembangan infrastruktur PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dan anak perusahaannya senilai Rp3,04 triliun.

Kredit sindikasi tersebut terbagi menjadi dua bagian, masing-masing senilai Rp2,38 triliun kepada PT KAI dan Rp660,34 miliar kepada PT KAI Commuter Jabodetabek yang merupakan anak perusahaan milik PT KAI. Tenor kredit diterapkan 10 tahun dengan masa grace period selama 2 tahun.

Selain itu, dalam waktu dekat sindikasi tersebut juga akan kembali mengucurkan pinjaman kepada KAI untuk proyek pembangunan infrastruktur kereta api bandara senilai Rp1,8 triliun.

Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito mengatakan total investasi yang dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan infrastruktur hingga 2019 mencapai sekitar Rp14 triliun. Sebanyak 85 persen diantaranya diharapkan berasal dari pinjaman perbankan, sementara sisanya didapatkan dari sumber pendanaan internal. (np)


Bisnis Indonesia, hal 3.