Tambahan 3 Sumur Baru, Produksi Minyak Cepu Jadi 40 Ribu Barel per Hari

Bareksa • 09 Oct 2014

an image
Sejumlah karyawan berjalan di kawasan kilang minyak PT Tri Wahana Universal (TWU) di Kabupaten Bojonegoro (ANTARA FOTO/Aguk Sudarmojo)

SKK Migas menargetkan produksi sebanyak 165 ribu barel per hari dari 33 sumur minyak produksi ditambah sumur injeksi

Bareksa.com - Produksi minyak lapangan Blok Cepu diperkirakan SKK Migas akan meningkat menjadi 40 ribu barel per hari, dari estimasi sebelumnya yang hanya 30 ribu barel per hari. Kenaikan produksi harian tersebut karena adanya tambahan tiga sumur minyak baru.

"Peningkatan produksi minyak Blok Cepu itu akan terealisasi mulai hari ini setelah diresmikan Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung di Bojonegoro," ungkap Kepala Percepatan Proyek Banyu Urip Blok Cepu dari SKK Migas, Yulius Wiratno, sebagaimana dikutip BeritaSatu.com.

Yulius menjelaskan bahwa pengeboran sumur minyak produksi terus dilakukan dengan target produksi sebanyak 165 ribu barel per hari dari 33 sumur minyak produksi, ditambah sejumlah sumur injeksi.

"Hingga kini, operator Mobil Cepu Limited (MCL) sudah menyelesaikan pengeboran 20 sumur minyak produsi dengan kedalaman berkisar 4.000-5.000 feet."

Sesuai perkiraan, produksi puncak minyak Blok Cepu sebesar 165.000 barel per hari bisa direalisasikan antara Juli-Agustus 2015. Ini setelah pembangunan proyek Blok Cepu "engineering, procurement, and construction/EPC" I sampai V, selesai 100 persen.

"Mulai April-Mei perkiraan saya produksi minyak Blok Cepu sudah bisa mencapai separuhnya dari produksi puncak 165.000 barel per hari," ujar Yulius.