Akuisisi Cipaganti, Citra Marga (CMNP) Terbitkan Saham Baru

Bareksa • 08 Sep 2014

an image
Sejumlah sepeda motor melewati pondasi proyek jalan tol di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/7) - (ANTARA FOTO/Pradita Utama)

Saham baru yang diterbitkan setara dengan 30 persen dari total saham CMNP.

Bareksa.com - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) menargetkan perolehan dana senilai Rp660 miliar dari penerbitan saham baru setara 30 persen dari total saham CMNP dengan harga pelaksanaan Rp1.000 per unit untuk dapat ditukarkan dengan satu lembar saham.

Pada penutupan kemarin, saham CMNP berada pada harga Rp3.715 per saham.

Saham CMNP rencananya dilepas melaui mekanisme penawaran terbatas (private placement) sebanyak 10 persen saham dan sisanya melalui penawaran umum dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD/ rights issue) mencapai 20 persen. Rights issue ini ditargetkan akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai akuisisi saham PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) dan pengembangan jalan tol.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, konsorsium pemegang saham CMNP disebut-sebut telah mengambil alih saham Cipaganti secara paksa, perusahaan yang bergerak di bidang jasa trasnportasi, alat berat, hingga pertambangan batubara.

Pengambilalihan dilakukan oleh konsorsium pemegang saham CMNP yang dipimpin oleh mantan direktur utama CMNP Shadik Wahono. (NP)


Investor Daily, hal. 13