Tangkap Peluang Mobil LCGC, Produsen Pegas Mobil Indospring

Bareksa • 18 Aug 2014

an image

Indospring suntik modal ke anak usaha yang memproduksi hot coil spring dimana biasanya digunakan dalam mobil penumpang

Bareksa.com - Produsen spring otomotif terbesar di Asia Tenggara,  PT Indospring Tbk (INDS) telah melakukan setoran modal sebesar Rp34,96 miliar  kepada anak usaha, PT Indonesia Prima Spring (IPS) yang memproduksi hot coil spring dalam keterangan tertulisnya.

Dana tersebut diperoleh dari penawaran umum terbatas II (PUT II) atau right issue pada bulan Juli 2013 dan langkah tersebut telah disetujui pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 11 Juni lalu.

Indospring merubah penggunaan dana right issue dimana seharusnya sebesar Rp110 miliar, atau sebesar 31,07 persen dari total perolehan dana digunakan untuk pembelian mesin dan pabrik coil spring khususnya hot coil spring.

Dari nilai tersebut dalam RUPSLB disetujui perubahan penggunaan dana menjadi sekitar Rp35 miliar untuk setoran modal anak usaha, yakni IPS. Kemudian Rp25 miliar digunakan untuk membangun pabrik coil spring khususnya hot coil spring yang akan disewakan kepada IPS. Sisanya sekitar Rp50 miliar digunakan untuk tambahan modal kerja Indospring.

Hot coil spring (pegas jenis keong) biasa digunakan oleh industri otomotif untuk produksi mobil penumpang. Peningkatan kapasitas pada jenis pegas tersebut dilakukan Indospring untuk menangkap peluang mobil low cost green car (LCGC) yang diproduksi didalam negeri, ungkap direktur Indospring David Setiawan, seperti dilansir dalam kabarbisnis.com. (NP)