Output CPO Sampoerna Agro Naik 43% Semester I: Kontan

Bareksa • 08 Aug 2014

an image
Pekerja mengangkut hasil panen kelapa sawit di perkebunan kelapa sawit PT. Perkebunan Nusantara XIV, Bayondo, Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, Sulsel (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Manjemen optimis produksi CPO SGRO bakal terus membaik seperti di kuartal II.

Bareksa.com - Produksi minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil) PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) naik 43% pada semester I-2014, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Head of Investor Relations Sampoerna Agro Michael Kesuma menjelaskan, kenaikan produktivitas CPO perusahaannya didorong oleh tiga faktor. Pertama, kondisi iklim yang memasuki triwulan kedua mulai membaik. Kedua, umur tanaman yang sudah dalam masa produktif, yakni berusia 12 tahun. Terakhir, perbaikan produktivitas dari pabrik dan kebun yang dimiliki perusahaan.

Memasuki semester kedua, Michael tetap optimis produksi CPO SGRO bakal terus membaik seperti di kuartal II. Sebab diprediksikan iklim pada periode Juli-Desember masih bagus untuk kebun perusahaan yang terletak di Sumatra Selatan dan Kalimantan Tengah tersebut.

Dampak badai El Nino yang diprediksi menghinggapi Indonesia mulai bulan September juga diyakini tidak akan menggangu produktivitas CPO. Jika pun berdampak, hal itu baru akan terasa pada tahun depan. (QS)

 

KONTAN, hal.17