Bangun Pabrik, Wika Beton Siapkan Belanja Modal Rp 628 M: In

Bareksa • 08 Aug 2014

an image
Pekerja memeriksa kondisi dan menghitung jumlah beton paku bumi di Pabrik Wika Beton (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sebagian besar dana akan digunakan untuk mendirikan dua pabrik beton baru di Lampung Selatan dan Cilegon.

Bareksa.com - PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) yang memproduksi beton cetak seperti tiang beton pada jalan layang non tol di Jakarta menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 628 miliar hingga akhir tahun untuk mendirikan dua pabrik beton baru di Lampung Selatan dan Cilegon.

Melalui pabrik Lampung Selatan, WTON akan menjadi produsen pertama dalam negeri yang memproduksi Piles Cylinder (PC), pipa berdiameter 2.000 milimeter dengan panjang mencapai 60 meter yang biasa digunakan untuk pondasi pelabuhan maupun jembatan di laut dalam dan di darat.

Secara bertahap, pabrik yang memiliki biaya investasi Rp350 miliar ini akan memproduksi sekitar 200 ribu ton pipa per tahun dan dijadwalkan mulai beroperasi pada Agustus tahun ini, sehingga diharapkan pemerintah tidak perlu lagi membeli dari perusahaan asing.

Sementara itu, pembangunan pabrik di Cilegon menelan biaya sebesar Rp175 miliar, dimana sekitar Rp132 miliar digunakan untuk pembangunan dan sisanya untuk pembebasan lahan. (NP)


Investor Daily, hal. 14