Kalbe Farma Fokuskan Ekspor ke Asean dan Afrika: Investor Da

Bareksa • 16 Jul 2014

an image
Pekerja melakukan proses pengemasan obat di pabrik PT Phapros Tbk di Semarang, Jateng, Jumat (20/6) - (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Saat ini, perseroan masih mencari mitra untuk pembentukan perusahaan baru dengan pembentukan perusahaan patungan

Bareksa.com - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) akan memperbesar pangsa pasar ekspor ke negara-negara Asean dan Afrika dalam dua tahun ini, untuk menaikkan kontribusi penjualan ekspor menjadi 10 persen terhadap total pendapatan perseroan.

"Saat ini, perseroan masih mencari mitra untuk pembentukan perusahaan baru dengan pembentukan perusahaan patungan (joint venture) di Myanmar dan Vietnam. Rencananya, perusahaan joint venture ini memproduksi sekaligus memasarkan obat," ujar Vidjongtius, Direktur dan Sekretaris Perusahaan KLBF.

Hingga Juni 2014, perseroan sudah mengeluarkan belanja modal sebesar Rp300-400 miliar yang dimanfaatkan untuk membiayai perluasan pabrik dan pembelian mesin baru. Tahun ini, perseroan mengalokasikan belanja odal sebesar Rp1-1,2 triliun yang berasal dari kas internal.

Perseroan berencana akan melanjutkan peningkatan tiga pabrik KLBF, seperti pabrik susu bubuk di Cikampek. Perusahaan akan memperluas bangunan dengan menambah 4-5 hektar lahan baru, yang ditargetkan  rampung awal tahun 2015. (QS)


Investor Daily, hal 14