FDI ke RI Turun ke posisi 18: Bisnis Indonesia

Bareksa • 25 Jun 2014

an image
Tumpukan uang dollar di atas meja - (Reuters)

Pada tahun 2013 Indonesia meraup FDI US$ 18 miliar, turun 5 persen dari capaian sebelumnya US$19 miliar.

Bareksa.com - Posisi Indonesia sebagai negara tujuan investasi langsung asing (foreign direct investment/FDI) periode 2013 berbalik turun ke peringkat 18 dari sebelumnya di peringkat 15. Pada tahun 2013 Indonesia meraup FDI US$ 18 miliar, turun 5 persen dari capaian sebelumnya US$19 miliar.

Ekonom senior Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Djisman S. Simanjuntak berpendapat penurunan itu antara lain disebabkan oleh diberlakukannya sejumlah regulasi yang membatasi atau tidak mendorong aliran FDI.

"Penawaran negative investment list oleh pemerintah dan ketetapan pajak tax holiday yang berlarut-larut itu perhatikan investor, Samsung misalnya. Jadi kalau boleh, restriksi yang ada sekarang jangan ditambah dulu," katanya kepada Bisnis Indonesia.

Samsung, raksasa elektronik asal Korea Selatan, sejak tahun lalu gencar diberitakan mencari lokasi pabrik barunya di Asia Tenggara. Dua kandidat negara yang masuk adalah Indonesia dan Vietnam. Belakangan Samsung memilih Vietnam karena negara tersebut menawarkan tax holiday selama 30 tahun.

 

Bisnis Indonesia, hal. 3