BI: Perekonomian RI Bisa Tumbuh di Atas 6%; Investor Daily

Bareksa • 24 Jun 2014

an image
Bank Indonesia (BI) mendorong reformasi struktural dapat dilakukan di level provinsi sehingga hasilnya lebih efektif - (Sindonews.com)

Jika tiga pilar reformasi struktural dilakukan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali ke 6 persen lebih.

Bareksa.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini pada kisaran 5,1 persen sampai 5,5 persen, namun akan kembali ke 6% bahkan lebih tinggi jika reformasi struktural dilakukan dengan baik, menurut Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Ada tiga pilar reformasi struktural yang harus diimplementasikan, yaitu pertama, peningkatan daya saing industri dan ekonomi nasional, dimana industri nasional tidak bisa lagi hanya mengandalkan teknologi rendah.

Kedua, peningkatan kemandirian ekonomi yang artinya tidak mengandalkan impor. Dan yang ketiga adalah peningkatan sumber pembiayaan yang berkesinambungan dengan kontribusi pembiayaan tidak hanya pada bank tapi juga industri nonbank.

Namun, ketiga pilar tersebut perlu ditopang dengan ketahanan energi dan pangan serta penguatan infrastruktur, SDM, kelembagaan dan teknologi. Jika semua itu dilakukan, bukan tidak mungkin pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali ke 6 persen lebih. (WS)


Investor Daily, hal. 20