Jepang bersiap bawa RI ke WTO soal larangan ekspor mineral

Bareksa • 20 Feb 2014

an image
Alat berat mengupas bukit untuk menambang pasir yang dilakukan tanpa izin resmi (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pemerintah Jepang akan melakukan pembicaraan dengan Indonesia lewat mediasi WTO bulan ini

IQPlus - Jepang sedang bersiap untuk membawa indonesia ke World Trade Organization (WTO) atas larangan ekspor bahan mineral mentah yang mengganggu suplai industri di negara itu, demikian tulis koran Nikkei Business, Kamis.

"Pemerintah Jepang akan melakukan pembicaraan dengan Indonesia lewat mediasi WTO bulan ini," tulis koran tersebut tanpa menyebut sumber. Jika masalah ini tidak selesai maka Jepang akan meminta WTO membentuk panel guna menyelidiki masalah ini.

"Jika pembicaraan bilateral gagal, Jepang akan bekerjasama dengan China dan pembeli besar lainnya dari Indonesia untuk melakukan tindakan perbaikan," kata tulisan koran itu lagi.

Seorang pejabat senior di Kementerian Ekonomi Jepang mengatakan kepada Reuters bahwa keputusan belum dibuat untuk membujuk WTO membantu masalah ini, namun hal itu kemungkinan memang dilakukan.

"Membawa masalah ini ke WTO memang menjadi satu pilihan kita, namun belum ada keputusan apapun," ujar Osamu Onodera, direktur METI yang menangani masalah komplain ke WTO.