DPR minta pemerintah hentikan ketergantungan impor daging

Bareksa • 23 Dec 2013

an image
Menteri Perdagangan RI mengecek harga daging di pasar - (Antara)

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Firman Subagyo mendesak pemerintah berfokus untuk mengutamakan produksi daging sapi lokal

IQPlus - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Firman Subagyo mendesak pemerintah untuk menghentikan ketergantungan impor daging dari Australia dan berfokus untuk mengutamakan produksi daging sapi lokal.

"Kami mendukung bila pemerintah akhirnya mengambil keputusan menghentikan ketergantungan pada impor daging dari Australia," kata Firman Subagyo di Jakarta, Senin.

Politisi Partai Golkar itu juga mengatakan, pihaknya mendukung revisi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan guna mewujudkan hal tersebut.

Menurut dia, seharusnya revisi tersebut sudah dilakukan sejak lama karena saat ini Indonesia dinilai mengalami krisis daging yang menyebabkan harga melambung dan menyusahkan rakyat.

Selain itu, ujar Firman, perubahan terhadap UU tersebut tidak boleh hanya semata-mata terkait negara sumber impor daging.

Ia menegaskan, perubahan itu juga harus mengakomodasi pemberdayaan para peternak dalam negeri sehingga ke depan Indonesia tidak lagi tergantung pada impor daging.

"Jadi, nanti bukan hanya memutus ketergantungan pada Australia. Hal ini harus dibarengi pemberdayaan para peternak dalam negeri guna mewujudkan swasembada daging," ucapnya.