Lima Nasihat Terbaik Warren Buffett

Abdul Malik • 23 Sep 2020

an image
Ilustrasi foto Warren Buffet (shutterstock)

Salah satunya. investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri sendiri

Bareksa.com - Investor legendaris, pengusaha dan filantropis asal Amerika Serikat, Warren Buffett tercatat memiliki kekayaan US$78,9 miliar (setara Rp1.160 triliun dengan kurs Rp14.700 per dolar AS). Nama Buffett sudah tidak asing di telinga para investor pasar modal. Ia adalah seorang super star saham. Kepiawaiannya dalam berinvestasi menghantarkannya menjadi salah satu crazy rich dunia.

CEO Berkshire Hathaway yang merayakan hari ulang tahun yang ke 90 tahun pada 30 Agustus 2020 lalu itu piawai dalam berbisnis yang membuatnya masuk dalam jajaran miliarder dunia. Dilansir liputan6.com (1/9/2020), berikut lima nasihat terbaik Buffett yang menarik untuk disimak :

1. Berfikir jangka panjang

Jika Anda berencana untuk berinvestasi di saham, jangan mendasarkan pilihan pada perusahaan mana yang berkinerja baik saat ini. Sebaliknya, pertimbangkan bisnis mana yang akan tetap kuat. “Tidak ada orang membeli sebuah lahan pertanian berdasarkan apakah akan turun hujan tahun depan. Mereka membelinya karena berpikir itu adalah investasi yang bagus selama 10 atau 20 tahun ke depan,”  kata Buffett pada 2018.

Buffett menyatakan sebuah bisnis layak invetasi berdasarkan apakah dia yakin itu akan bertahan lama atau tidak.

2. Tetap berada di jalur

Banyak investor stres ketika pasar modal ambruk. Namun kata Buffett agar kita tidak panik dan menjjual investasi kita, hanya karena siklus berita terbaru.

"Pasar akan selalu bergejolak, dan hal terbaik yang dapat dilakukan investor mana pun, terlepas dari pengalamannya adalah tetap tenang," kata Buffett.

“Meskipun pasar pada umumnya rasional, mereka terkadang melakukan hal-hal gila,” tulisnya dalam surat 2018 kepada pemegang saham.

Sebaliknya, kata dia, tetap di jalur dan percayalah Anda telah berinvestasi di perusahaan yang akan bertahan dalam ujian waktu. Investor membutuhkan kemampuan untuk mengabaikan ketakutan atau antusiasme massa, serta fokus pada beberapa fundamental sederhana.

3. Menikah dengan orang yang tepat

Buffett memperoleh kekayaannya melalui investasi yang tepat, tetapi keputusan terpenting yang pernah dibuat olehnya ternyata tidak ada hubungannya dengan uang. Keputusan terbesar dalam hidup Anda, kata Buffett, adalah siapa yang Anda pilih untuk dinikahi.

“Anda ingin bergaul dengan orang-orang yang Anda inginkan. Anda akan bergerak ke arah itu. Namun orang paling penting sejauh ini dalam hal itu adalah pasangan Anda. Saya tidak bisa terlalu menekankan betapa pentingnya hal itu,” kata dia saat bercakap dengan Bill Gates pada 2017.

Buffett menikahi teman lamanya Astrid Menks pada 2006. Ini setelah istri pertama selama hampir tiga dekade, Susan Buffett, meninggal pada 2004. “Menikahlah dengan orang yang tepat. Saya serius tentang itu. Itu akan membuat lebih banyak perbedaan dalam hidup Anda. Itu akan mengubah aspirasi Anda, segala macam hal,” jelas dia.

4. Investasikan diri sendiri

“Sejauh ini, investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri sendiri,” kata Buffett kepada pemimpin redaksi Yahoo Finance Andy Serwer pada 2019. “Belajar berkomunikasi dengan lebih baik secara tertulis maupun secara langsung.”

Mengasah keterampilan dikatakan dapat meningkatkan nilai diri sendiri setidaknya 50 persen. Selanjutnya, jaga tubuh dan pikiran Anda - terutama saat masih muda. “Jika saya memberi Anda sebuah mobil, dan itu akan menjadi satu-satunya mobil yang Anda dapatkan sepanjang hidup, Anda akan merawatnya. Anda akan memiliki garasi dan melakukan semua hal,“ katanya.

“Anda mendapatkan satu pikiran dan satu tubuh di dunia ini, dan Anda mulai tidak dapat menjaganya ketika berusia 50. Pada saat itu, Anda akan berkarat, jika Anda belum melakukan apa pun," ungkapnya.

5. Uang bukanlah segalanya

Buffett secara konsisten menjadi salah satu orang terkaya di dunia, tetapi dia tidak menggunakan kekayaan sebagai ukuran kesuksesan. Baginya, semuanya bermuara pada apakah orang-orang mencintai kita.

“Diberikan cinta tanpa syarat adalah manfaat terbesar yang pernah Anda dapatkan,” kata Buffett kepada mahasiswa MBA dalam ceramah tahun 2008

“Hal yang luar biasa tentang cinta adalah bahwa Anda tidak dapat menyingkirkannya. Jika Anda mencoba memberikannya, akan mendapatkan dua kali lipat lebih banyak, tetapi jika Anda mencoba untuk mempertahankannya, cinta itu lenyap," ungkap Buffett.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.