BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Pinnacle Investment Kembali Luncurkan ETF, Fokus Saham Berdividen

09 Juni 2017
Tags:
Pinnacle Investment Kembali Luncurkan ETF, Fokus Saham Berdividen
Seorang karyawan mengamati pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pinnacle Core High Dividend ETF (XPDV) adalah produk mirip reksa dana yang diperdagangkan di bursa efek

Bareksa.com - Pada 9 Juni 2017, Pinnacle Investment (PT Pinnacle Persada Investama) resmi meluncurkan produk Pinnacle Core High Dividend ETF (XPDV). Produk mirip reksa dana yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia ini fokus berinvestasi pada saham yang memberikan dividen.

Guntur Putra, Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) Pinnacle Investment mengatakan XPDV akan menjadi ETF (Exchange Traded Fund) pertama di Indonesia yang fokus pada tingkat pengembalian dividen.

"Pada kondisi saat ini dengan tingkat imbal hasil surat utang yang rendah dan tantangan atas tingkat imbal hasil saham di bursa, para investor mencari berbagai cara supaya mereka dapat menyeimbangkan pendapatan dan pertumbuhan secara berhati-hati. Pinnacle CORE High Dividend ETF (XPDV) dapat digunakan oleh investor untuk mendapatkan eksposur terhadap perusahaan Indonesia yang sangat baik dan berkualitas tinggi yang telah membagikan dividen relatif tinggi secara konsisten," ujarnya dalam rilis yang diterima Bareksa, 9 Juni 2017.

Promo Terbaru di Bareksa

Faktor dividen telah terbukti menjadi kunci pendorong atas kinerja saham secara jangka panjang di pasar modal seluruh dunia dan XPDV akan fokus pada emiten yang memiliki kualitas fundamental yang baik dengan tingkat likuiditas yang tinggi di Indonesia dan secara historis mempunyai track record yang konsisten dalam membagikan dividen lebih tinggi dari emiten lainnya.

Strategi XPDV menggunakan single factor model (faktor dividen) dan dirancang untuk semua jenis investor yang mencari kinerja lebih baik dari saham di Indonesia. Pada saat yang bersamaan, strategi ini juga mempertahankan tingkat risiko dan likuiditas yang sama dengan pasar saham Indonesia.

"Dengan penawaran SMART ETF berbasis faktor dividen pertama di Indonesia, hal ini akan memberikan kesempatan kepada investor untuk mendapatkan keuntungan kinerja investasi yang konsisten, likuid, transparan, dan terdiversifikasi sebagaimana yang ditawarkan melalui strategi SMART ETF dengan cara yang lebih mudah dan cost-effective," tambah Guntur.

Andri Yauhari, Managing Director & Chief Investment Officer (CIO) Pinnacle Investment menambahkan tujuan XPDV adalah untuk memecahkan masalah klasik nasabah dan investor, yaitu tetap berinvestasi di pasar yang berfluktuasi atau di tengah kondisi pasar yang tidak menentu.

"Dengan menyediakan eksposur terhadap perusahaan berkualitas tinggi di Indonesia yang membagikan dividen yang tinggi secara konsisten, XPDV dapat membantu investor untuk memberikan panduan yang lebih baik untuk melewati kondisi pasar yang berfluktuasi dengan menyediakan karakteristik saham yang lebih stabil dan defensif yang memungkinkan investor tetap terpandu untuk memperoleh keuntungan dengan tetap berinvestasi di tengah ketidakpastian pasar," katanya.

Untuk XPDV, Pinnacle Investment kembali menjalin kerja sama dengan Indopremier Sekuritas sebagai Dealer Partisipan dan menunjuk Bank BCA sebagai Bank Kustodian. Sebelumnya, Pinnacle Investment tahun lalu memperkenalkan seri produk PineShares Smart ETF pertama dengan meluncurkan PineShares Pinnacle Enhanced Liquid ETF (XPLQ).

Produk investasi ETF (Exchange Traded Fund) ini merupakan produk yang mirip dengan jenis reksa dana saham. Akan tetapi tidak seperti reksa dana saham konvensional, untuk bertransaksi ETF dilakukan melalui bursa seperti berinvestasi saham. Caranya pun bisa melalui primary market, yaitu melalui dealer partisipan, atau secondary market. (Baca juga: Pinnacle Luncurkan Smart ETF, Alternatif Investasi Mirip Reksa Dana)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua